Kamis, 05 Mei 2011

Jenis kapasitor

Kapasitor elektrolit





Elektrolytkondensator.JPG
kapasitor elektrolit yang terpolarisasi dan mereka harus dihubungkan babak cara yang benar, setidaknya satu lead mereka akan ditandai + atau -.Mereka tidak rusak oleh panas saat menyolder.Ada dua desain kapasitor elektrolitik; aksial mana mengarah melekat untuk mengakhiri setiap (220μF dalam gambar) dan radial di mana kedua mengarah berada di akhir yang sama (10μF dalam gambar). kapasitor Radial cenderung sedikit lebih kecil dan mereka berdiri tegak pada papan sirkuit.Sangat mudah untuk mencari nilai kapasitor elektrolitik karena mereka jelas dicetak dengan kapasitansi dan rating tegangan. Voltase bisa cukup rendah (6V misalnya) dan harus selalu diperiksa ketika memilih kapasitor elektrolitik. Jika proyek daftar bagian tidak menentukan tegangan, pilihlah sebuah kapasitor dengan rating yang lebih besar dari tegangan suplai proyek kekuasaan. 25V adalah minimum masuk akal untuk sirkuit baterai kebanyakan.






Kapasitor polystyrene
polystyrene capacitor
Jenis ini jarang digunakan sekarang. nilai mereka (dalam pF) biasanya dicetak tanpa unit. Polistirena kapasitor bisa rusak oleh panas saat menyolder (meleleh polisterin!), jadi anda harus menggunakan heat sink (seperti klip buaya). Klip panas tenggelam ke memimpin antara kapasitor dan sendi.Real kapasitor nilai (di E3 dan seri E6)Anda mungkin telah memperhatikan bahwa kapasitor tidak tersedia dengan setiap nilai yang mungkin, misalnya 22μF dan 47μF sudah tersedia, namun 25μF dan 50μF tidak!Mengapa demikian? Bayangkan bahwa Anda memutuskan untuk membuat kapasitor setiap 10μF memberikan 10, 20, 30, 40, 50 dan seterusnya. Yang tampaknya baik, tetapi apa yang terjadi ketika Anda mencapai 1000? Akan ada gunanya untuk membuat 1000, 1010, 1020, 1030 dan seterusnya karena untuk nilai-nilai 10 adalah perbedaan yang sangat kecil, terlalu kecil untuk menjadi nyata dalam sirkuit paling dan kapasitor tidak dapat dibuat dengan akurasi yang.Untuk menghasilkan berbagai masuk akal nilai kapasitor yang Anda butuhkan untuk meningkatkan ukuran dari 'langkah' sebagai nilai meningkat.Nilai kapasitor standar didasarkan pada gagasan ini dan mereka membentuk rangkaian yang mengikuti pola yang sama untuk setiap kelipatan sepuluh.Seri E3 (3 nilai untuk setiap kelipatan sepuluh)10, 22, 47, ... maka terus 100, 220, 470, 1000, 2200, 4700, 10000 dllPerhatikan bagaimana step size meningkat dengan meningkatnya nilai (nilai hampir dua kali lipat setiap kali).The E6 series (6 nilai untuk setiap kelipatan sepuluh)10, 15, 22, 33, 47, 68, ... maka terus 100, 150, 220, 330, 470, 680, 1000 dllPerhatikan bagaimana hal ini adalah seri E3 dengan nilai tambahan dalam kesenjangan.Seri E3 adalah yang paling sering digunakan untuk kapasitor karena banyak jenis tidak bisa dibuat dengan nilai-nilai yang sangat akurat.Variabel kapasitor



Kapasitor variabel


Variabel kapasitor yang banyak digunakan dalam sirkuit tuning radio dan mereka kadang-kadang disebut 'kapasitor tuning'.                  


Mereka memiliki nilai kapasitansi yang sangat kecil, biasanya antara 100pF dan 500pF (100pF = 0.0001μF). Tipe diilustrasikan biasanya memiliki pemangkas dibangun di (untuk membuat penyesuaian kecil - lihat di bawah) serta sebagai variabel utama kapasitor.Banyak variabel kapasitor spindle sangat pendek yang tidak cocok untuk tombol-tombol standar yang digunakan untuk resistor variabel dan switch putar. Ini akan menjadi bijaksana untuk memeriksa bahwa tombol yang cocok tersedia sebelum memesan variabel kapasitor.Variabel kapasitor biasanya tidak digunakan dalam rangkaian waktu karena kapasitansi mereka terlalu kecil untuk praktis dan kisaran nilai yang tersedia sangat terbatas. Sebaliknya sirkuit waktu menggunakan kapasitor tetap dan resistor variabel jika perlu untuk jangka waktu yang bervariasi.
 

Pemangkas kapasitor

kapasitor Pemangkas (pemangkas) adalah kapasitor variabel miniatur.Mereka dirancang untuk dipasang langsung ke papan sirkuit dan disesuaikan hanya ketika sirkuit dibangun.Sebuah alat obeng atau serupa kecil diperlukan untuk menyesuaikan pemangkas. Proses penyesuaian tersebut memerlukan kesabaran karena adanya tangan Anda dan alat sedikit akan mengubah kapasitansi dari rangkaian di wilayah pemangkas!kapasitor Pemangkas hanya tersedia dengan kapasitansi sangat kecil, biasanya kurang dari 100pF. Tidak mungkin untuk mengurangi kapasitansi mereka ke nol, sehingga mereka biasanya ditentukan oleh nilai-nilai minimum dan maksimum, misalnya 2-10pF.Penghias adalah setara kapasitor preset yang resistor variabel miniatur.


Bead Kapasitor tantalum 

Manik Tantalum kapasitor terpolarisasi dan memiliki rating tegangan rendah seperti kapasitor elektrolit. Mereka mahal tapi sangat kecil, sehingga mereka digunakan dimana kapasitansi yang besar diperlukan dalam ukuran kecil.kapasitor tantalum manik modern dicetak dengan, tegangan dan polaritas kapasitansi mereka secara penuh. Namun yang lebih tua menggunakan sistem warna-kode yang memiliki dua garis (untuk dua digit) dan tempat warna untuk jumlah nol untuk memberikan nilai dalam μF. Kode warna standar yang digunakan, tapi untuk tempat, abu-abu digunakan untuk berarti × 0,01 dan berarti putih × 0,1 sehingga nilai-nilai kurang dari 10μF dapat ditampilkan. Sebuah warna ketiga jalur dekat mengarah menunjukkan tegangan (6.3V kuning, 10V hitam, hijau 16V, 20V biru, abu-abu 25V, 30V putih, 35V pink). Memimpin (+) positif adalah ke kanan ketika tempat menghadap Anda: 'ketika tempat sudah di depan mata, yang positif adalah ke kanan'.Sebagai contoh: biru, abu-abu, bercak hitam berarti 68μF                                                
tantalum bead capacitorsSebagai contoh: biru, abu-abu, bercak putih berarti 6.8μFSebagai contoh: biru, abu-abu, spot abu-abu berarti 0.68μFUnpolarised kapasitor (nilai kecil, hingga 1μF)


Contoh:small value capacitors  Circuit simbol :capacitor symbol

nilai kapasitor kecil yang unpolarised dan dapat dihubungkan baik sebaliknya. Mereka tidak rusak oleh panas saat menyolder, kecuali untuk satu jenis yang tidak biasa (polystyrene). Mereka memiliki peringkat tegangan tinggi minimal 50V, biasanya 250V atau lebih. Ini bisa sulit untuk mencari nilai dari kapasitor ini kecil karena ada banyak jenis mereka dan beberapa sistem pelabelan berbeda!


Kapasitor Keramik


Kapasitor ini menpunyai dielektrikum keramik. Kapasitor ini mempunyai oksida logam dan dielektrikumnya terdiri atas campuran titanium-oksida dan oksida lain. Kekuatan dielektrikumnya tinggi dan mempunyai kapasitas besar sekali dalam ukuran kecil.


Kapasitor Kertas
Kapasitor ini mempunyai dielektrikum kertas dengan lapisan kertas setebal 0,05-0,02 mm antara dua lembar kertas alumunium.Kertasnya diresapi dengan minyak mineral untuk memperbesar kapasitas dan kekuatan dielektrikumnya.




kapasitor Mika

Kapasitor ini mempunyai elektroida logam dan lapisan dielektrikum dari polysteryne mylar dan teflon setebal 0,0064 mm. Digunakan untuk koreksi faktor daya. Seperti uji visi nuklir










kapasitor Polystyrene Film
                    
 Kapasitor polystyrene relatif murah adalah bentuk kapasitor. Mereka berbentuk tabung dalam bentuk yang dihasilkan dari fakta bahwa piring / dielektrik sandwich yang digulung bersama-sama.   Ini menambahkan beberapa induktansi dan berarti bahwa mereka hanya cocok untuk sirkuit frekuensi relatif rendah, biasanya hingga beberapa ratus kHz. Dalam pandangan mereka tingkat toleransi relatif baik, mereka dapat digunakan dalam rangkaian filter, dll di mana nilai-nilai penting. Mereka umumnya hanya tersedia sebagai komponen elektronik dipimpin.







Superkapasitor


Superkapasitor sering juga disebut sebagai electric double-layer capacitors, electrochemical double layer capacitor, atau bahkan bisa disebut juga ultrakapasitor. Dibandingkan dengan kapasitor umumnya, superkapasitor ini mempunyai kapasitas ribuan kali lipat dan energi jenis yang luar biasa tingginya daripada kapasitor biasa. Waktu yang dibutuhkan untuk me-recharge superkapasitor hanya 10 detik. Saat ini kita bisa temukan di pasaran superkapasitor dengan kapasitas setinggi 5000 farads dan energi jenis yang setinggi 30 Wh/kg.

Superkapasitor terdiri dari karbon kapasitor dengan permukaan area yang sangat aktiv dan selembar lapisan elektrolit yang tipis yang berfungsi sebagai dielektrik dan pemisah muatan. Pada double layer capacitor (DLC) energi tersimpan di dalam lapisan ganda yang terbentuk di dekat permukaan elektrode karbon.

Yang menarik dari superkapasitor ini adalah bahwa superkapasitor memiliki kemampuan untuk menyimpan energi lebih cepat, sedangkan bateri membutuhkan waktu yang sangat lama untuk me-recharge kembali. Superkapasitor ini bisa digunakan pada PC Cards, digital kamera, dan portable media players.



Polyester Film Capacitor



Kapasitor polyesterPolyester film kapasitor digunakan di mana biaya merupakan pertimbangan sebagaimana mereka tidak menawarkan toleransi yang tinggi. Banyak film kapasitor polyester memiliki toleransi 5% atau 10%, yang memadai untuk banyak aplikasi.  Mereka umumnya hanya tersedia sebagai komponen elektronik dipimpin.



1 komentar: